Sebagai langkah mewujudkan pemberdayaan dan kemandirian ekonomi masyarakat, Dompet Dhuafa merancang program pemberdayaan di bidang ekonomi. Pemberdayaan ekonomi ditujukan untuk mengangkat harkat hidup mustahik, dhuafa dan masyarakat prasejahtera dengan orientasi peningkatan penghasilan, perubahan sikap dan kemandirian.

Dampak program ekonomi diharapkan para mustahik memiliki pengetahuan tentang usaha, kemampuan untuk mengakses modal, meminimalkan resiko, mengelola usaha, pasar dan mengendalikan asset ekonomi. DD Farm, Desa Tani, Kampung Ternak, dan Kampung Rotan merupakan rangkaian program pengembangan kawasan pemberdayaan berbasis pertanian, peternakan danĀ  UMKM kerajinan tangan.

Kolaborasi baik donatur, stakeholder untuk memberdayakan mustahik atau penerima manfaat menjadi langkah strategis penguatan dan kesuksesan program ekonomi. Karena di pemberdayaan program ekonomi, Dompet Dhuafa mengelola amanah donatur dan menggulirkannya untuk penerima manfaat mulai dari pelatihan, permodalan, pendampingan hingga monitoring dan evaluasi.

Kemudian penerapan teknologi dengan mengedepankan khazanah kekayaan lokal, faktor kelembagaan, pola kemitraan yang sejajar, saling menguntungkan, dan saling menghadirkan keterkaitan antara pemerintah, petani/produsen, pihak swasta, serta lembaga penyedia teknologi. Sehingga dapat diterapkan untuk mengangkat dan memajukan program pemberdayaan ekonomi.