You are currently viewing Mengenal Lebih Dekat Sekolah Relawan dan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV)

Mengenal Lebih Dekat Sekolah Relawan dan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV)

CIREBON—(Selasa, 29 Maret 2022) Melayani, mengabdi, berani, dan tulus ikhlas adalah hal-hal yang melekat pada dunia kerelawanan. Kenapa harus menjadi relawan? Apa itu relawan?

Dompet Dhuafa Jawa Barat menyelenggarakan training dan pembekalan untuk generasi muda yang memiliki ketertarikan dalam dunia kerelawanan dan kegiatan sosial.

Kegiatan ini diselenggarakan di Cirebon, bertempat di gedung IAIN Cirebon Center dengan melibatkan organisasi internal mahasiswa jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Dihadiri oleh sekitar 130 peserta baik secara offline maupun secara online.

Menghadirkan ahli dalam bidang kerelawanan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) yaitu Kak Fajar Firmansyah dan Kak Ika Akmala. Para pembicara memberikan edukasi kepada para mahasiswa mengenai pentingnya menjadi relawan dan apa saja yang dilakukan oleh relawan sebagai pemuda sekaligus pemeran agent of change.

Kemoderan zaman tidak membuat kinerja relawan luntur, justru sebaliknya kinerja kerelawanan kini harus bisa menjawab tantangan perubahan zaman. Relawan harus memiliki nilai integritas dan responsif serta nilai-nilai luhur lainnya agar mampu menolong masyarakat dhuafa di sekitar nya.

Meski sebagai relawan nilai-nilai profesional dan komitmen adalah perkara yang harus tetap dijaga.

Acara juga dimeriahkan dengan kehadiran tim DDV regional Cirebon. Para mahasiswa dapat melakukan interaksi secara langsung dengan para volunteer dan juga pembicara ahli.

Antusias para peserta juga dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Sebagai pembuka acara juga dihadiri dan dibuka oleh pihak kampus yaitu wakil dekan Fakultas Ushulludin Adab dan Dakwah, Dr. Anwar Sanusi, S.H.

“Teman-teman silahkan jika ingin bergabung dalam komunitas volunteer ini. Selain mengikuti rangkaian kegiatannya, teman-teman juga bisa melakukan penelitian untuk keperluan akademik masing-masing.” Tutur Andriansyah selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar dalam paparan materinya.

Bagikan ini yuk!

Leave a Reply