You are currently viewing Keseruan Jamaah An Nahl BSD Kunjungi Desa Tani Dompet Dhuafa Jabar
Keseruan Jamaah An Nahl Kunjungi Desa Tani Dompet Dhuafa Jabar

Keseruan Jamaah An Nahl BSD Kunjungi Desa Tani Dompet Dhuafa Jabar

BANDUNG – Hari Minggu, 6 Agustus 2023, Dompet Dhuafa mengajak puluhan jamaah An Nahl BSD Serpong, Tangerang Selatan, mengunjungi kawasan program pemberdayaan zakat Desa Tani Dompet Dhuafa Jabar di Desa Cipanjalu, Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Kegiatan bertajuk Care Visit ini berkesempatan mengeksplore pemberdayaan pertanian di kawasan bandung utara.

Desa Tani adalah kawasan pemberdayaan berbasis pertanian sayur yang diinisiasi Dompet Dhuafa sebagai salah satu upaya pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf. Lahirnya Desa Tani tentu memiliki semangat untuk mendongkrak penghasilan masyarakat petani yang rendah.

Kegiatan dimulai dengan berkunjung ke kawasan Masjid Al Jabbar di Jl Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung di hari Sabtu (5/8/2023). Di sana peserta berkesempatan untuk mengunjungi Museum Rasulullah dan menikmati keindahan dan kemegahan Masjid Al Jabbar.

Kemudian di hari Minggu (6/8/2023) kegiatan dimulai dengan melaksanakan salat Tahajjud terlebih dahulu. Meskipun di tengah udara dingin Bandung utara yang menusuk kulit, para peserta tetap khusyuk melaksanakan salat secara berjamaah.

Pada pagi harinya, para peserta tiba di lahan pertanian seluas 10 hektar dan disambut oleh para petani binaan Dompet Dhuafa. Setibanya, mereka dipaparkan secara gamblang mengenai perkembangan Desa Tani sejak berdirinya pada 2018 hingga saat ini dengan total 50 penerima manfaat. Mereka diajak melihat langsung bagaimana para petani mengelola lahan yang juga memanfaatkan teknologi Smart Farming ini.

Setelah para peserta menyimak pemaparan mengenai Desa Tani, mereka diajak untuk berkeliling melihat langsung lahan yang sedang ditanami para petani, rumah semai, packaging house, greenhouse, dan lahan pertanian konvensional.

Peserta juga diajak untuk memanen sendiri berbagai sayuran seperti kembang kol, selada, buah bit, brokoli, bawang daun, dan masih banyak lagi, dan hasil panen yang mereka petik dapat dibawa pulang.

Setelah selesai memanen, para peserta menuju packaging house untuk mengemas sayuran dan dibawa pulang. Mereka terlihat ceria dan penuh suka cita sembari memamerkan hasil panennya.