You are currently viewing Pengrajin Siwang di Cirebon Bangkit Berkat Zakat

Pengrajin Siwang di Cirebon Bangkit Berkat Zakat

Ahmad Fauzi (40) dan istri, Tati (29), Pengrajin Terasi Bawang (Siwang) binaan Dompet Dhuafa Jabar di Cirebon.

CIREBON—Aroma terasi begitu menyengat pada siang hari di salah satu sudut Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Hampir setiap hari aroma terasi itu menghiasi sebagian wilayah Desa Setu Kulon pada pagi hingga menjelang tengah hari.  

Sumber aroma terasi rupanya berasal dari rumah Ahmad Fauzi (40), pengrajin makanan/kuliner khas Cirebon, yakni terasi bawang (Siwang). Di salah satu sudut rumahnya, bersama sang istri, Tati (29), Ahmad Fauzi memproduksi siwang.

“Kami bikin Siwang ini udah 7 tahun lalu. Usaha rumahan. Cuman kami berdua aja. Sekarang makin semangat karena sudah ada mesin spinner (mesin peniris minyak) bantuan dari Dompet Dhuafa Jabar,” ujar Fauzi pada awal Oktober belum lama ini.

Bagi pengrajin usaha makanan ringan seperti camilan, siwang, atau keripik, kehadiran mesin spinner sangat penting. Mesin ini selalu diandalkan untuk membuat makanan semakin gurih, tanpa terasa basah dan lembek oleh kandungan minyak. Tidak heran kalau mesin ini juga dikenal dengan sebutan mesin peniris minyak.

Fauzi menuturkan, semenjak hadirnya mesin spinner tersebut siwang buatannya semakin berkualitas dan enak. Terlebih bagi konsumen yang sangat memperhatikan tampilan dan rasa produknya.

Fauzi merupakan salah satu penerima manfaat program pemberdayaan ekonomi UKM Dompet Dhuafa Jabar di Cirebon. Selain bantun mesin spinner, ia juga didampingi memproses legalitas usaha UKMnya ke dinas terkait dan dibantu pengemasan ulang produk sehingga tampak lebih menarik.

“Alhamdulillah ada peningkatan penjualan. Saya jadi makin percaya diri. Nawarin ke toko oleh-oleh di Cirebon. Semoga semakin laris dan dapat diterima di pasar yang lebih luas,” harap Fauzi bersemangat.

Produk Siwang dengan berbagai varian rasa.

Sebelum Dompet Dhuafa Jabar hadir, usaha rumahan Siwang Fauzi sulit berkembang bahkan cenderung menurun. Fauzi yang dulunya buruh bangunan ini bahkan sempat putus asa bagaimana usaha siwangnya ini bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

………………………………………………….
Rekening zakat Dompet Dhuafa Jabar:
-Bank Mandiri: 1300001878787
-Bank BNI Syariah: 6333344441
a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika
Konfirmasi donasi melalui WA Customer Care. Klik link berikut http://bit.ly/WA_CustomerCare_DDJabar