You are currently viewing Anyaman Rotan Buatan Warga Binaan Dompet Dhuafa Jabar Tembus Pasar Eropa

Anyaman Rotan Buatan Warga Binaan Dompet Dhuafa Jabar Tembus Pasar Eropa

MAJALENGKA—Anyaman rotan buatan warga Desa Panjalin Lor, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka dapat menembus pasar ekspor. Tidak main-main, produk anyaman rotan berupa pot bunga ini menembus pasar Eropa seperti negara Belanda.

Pot bunga berbahan rotan tersebut dibuat oleh ibu-ibu dan bapak-bapak warga Desa Panjalin Lor yang merupakan binaan Dompet Dhuafa Jabar. Mereka diberdayakan Dompet Dhuafa Jabar melalui program “JANGKAR” (Jabar Berdaya dengan Kampung Rotan).

“Dalam program ini, Dompet Dhuafa Jabar memberdayakan masyarakat sekitar untuk bisa memproduksi pot anyaman rotan. Sebelumnya, para penerima manfaat mendapatkan pelatihan. Mereka juga mendapatkan bantuan modal awal (modal stimulan) untuk membeli bahan-bahannya,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah, Jumat (11/10).

Peserta pelatihan sedang diberikan arahan mengenai kualitas anyaman rotan

Andriansyah menjelaskan, hasil produksi anyaman warga binaan Dompet Dhuafa Jabar tersebut akan diserap oleh perusahaan ekspor di Majalengka untuk dipasarkan di Eropa. Dalam proses produksinya tidak jarang pihak perusahaan melihat secara langsung proses produksi.

“Kadang pihak perusahaan pengekspor anyaman rotan ingin melihat secara langsung proses pelatihan yang diadakan Dompet Dhuafa Jabar. Kedatangan mereka juga sekaligus memberikan arahan kepada para peserta pelatihan mengenai kualitas anyaman agar masuk spesifikasi kualitas ekspor,” ujarnya.

………………………………………………….
Rekening zakat Dompet Dhuafa Jabar:
-Bank Mandiri: 1300001878787
-Bank BNI Syariah: 6333344441
a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika
Konfirmasi donasi melalui WA Customer Care. Klik link berikut http://bit.ly/WA_CustomerCare_DDJabar