Aksi Peduli Dampak Corona, Dompet Dhuafa Jabar Gencarkan Program Ketahanan Pangan Keluarga

Aksi Peduli Dampak Corona, Dompet Dhuafa Jabar Gencarkan Program Ketahanan Pangan Keluarga
Aksi Peduli Dampak Corona, Dompet Dhuafa Jabar Gencarkan Program Ketahanan Pangan Keluarga

BANDUNG – Dompet Dhuafa Jabar melalui Aksi Peduli Dampak Corona semakin menggencarkan program Ketahanan Pangan Keluarga kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Kali ini Dompet Dhuafa Jabar menggulirkan program di wilayah RW 05, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung (23/9/2020). Program ini lanjutan program Ketahanan Pangan Keluarga yang diinisiasi pertama kali di Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung dan Desa Lame, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka.

Program Ketahanan Pangan Keluarga ini dilaksanakan berupa penyerahan dua jenis bantuan, yaitu Kebun Pangan Hidroponik dan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber). Bantuan tersebut diberikan kepada 50 kepala keluarga di wilayah RW 05, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

“Aksi Peduli Dampak Corona adalah salah satu ikhtiar Dompet Dhuafa Jabar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Melalui program Kebun Pangan Keluarga dan Budikdamber ini masyarakat didorong untuk melaksanakan anjuran pemerintah untuk beraktivitas di rumah. Masyarakat juga diberikan kegiatan yang positif dan produktif selama mereka di rumah,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah.

Lebih lanjut Andriansyah menjelaskan bantuan yang diberikan menyesuaikan dengan ketersediaan lahan di lokasi sasaran. Wilayah RW 05 Jl. Asep Berlian termasuk wilayah padat penduduk di tengah perkotaan sehingga bantuan paket ketahanan pangan berupa paket berkebun hidroponik menggunakan media baki dengan sumbu kain flanel dan budidaya ikan lele dalam ember yang akan didampingi oleh Pendamping Program sampai panen.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah, bersama Camat Cibeunying Kidul, Aris Rusdianto, Ketua RW 05, Lurah Cikutra, dan Kanit Binmas Polsek Cibeunying Kidul meresmikan program Budikdamber (23/9)

“Untuk tahap kedua ini polanya lebih banyak budikdamber dan ditambah dengan hidroponik. Jumlah bantuan yang diterima satu penerima manfaat mendapatkan dua ember budikdamber dengan kapasitas 50-80 bibit lele per ember ditambah bantuan dua baki hidroponik. Tujuan kami memperbanyak jumlah bantuannya, diharapkan penerima manfaat dapat lebih banyak panennya dan mendapatkan pangan secara berkelanjutan. Bahkan diharapkan setiap PM bisa berbagi dengan tetangganya ketika sudah panen,” terangnya.

Camat Kecamatan Cibeunying Kidul, Aris Rusdianto menyambut baik Program Aksi Peduli Dampak Corona Dompet Dhuafa Jabar karena hal ini sejalan dengan program pencegahan dampak Corona di wilayah Kota Bandung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa Jabar telah membantu warga kami dengan program Kebun Pangan Keluarga dan Budikdamber ini. Harapannya dengan adanya program ini warga RW 05 bisa memenuhi kebutuhan gizi hariannya sehingga bisa hidup lebih sehat di tengah pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Bagikan ini yuk!

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Be informed!

Berlangganan info DD