You are currently viewing Sekolah Tani, Kolaboraksi DD Jabar dan YBM BRILiaN Untuk Melahirkan Petani Muda Berintegritas

Sekolah Tani, Kolaboraksi DD Jabar dan YBM BRILiaN Untuk Melahirkan Petani Muda Berintegritas

BANDUNG – Di akhir tahun 2023 Dompet Dhuafa Jabar bersama YBM BRILiaN menginisiasi Program Sekolah Tani Desa Tani yang bertempat di Balai Rakyat Indonesia, Kawasan Pendayagunaan Zakat Desa Tani Dompet Dhuafa Jabar, Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jumat (10/11/2023).

Sebanyak 50 peserta dari 150 pendaftar yang berpartisipasi di program Sekolah Tani hadir dalam pembukaan hari pertama. Selama 3 hari peserta dengan latar belakang 20% petani, 40% petani pemula dan 40% peserta kategori umum menerima materi kelas berupa 30% Teori dan 70% praktik.

Turut hadir perwakilan DD Jabar dan YBM BRILiaN untuk membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, kedua pihak sangat mengapresiasi kekompakan panitia yang terdiri dari para petani muda milenial yang ada di Desa Tani.

“Saya rasa isu tahun 2030 petani akan punah itu saat ini terbantahkan, karena akan lahir petani-petani muda dari program sekolah tani hari ini” kata Achmad Daelami selaku Manager Mustahik Empowerment Program YBM BRILiaN.

“Hari ini tepat 10 November sebagai peringatan hari pahlawan, Sekolah Tani hadir bersama peserta calon petani muda yang berintegritas, mewujudkan Petani sebagai penyangga tatanan negara Indonesia” ungkap Aca Sujana, Supervisor Program DD Jabar.

Setidaknya ada 3 tujuan diadakannya program Sekolah Tani, diantaranya: (1) peserta pelatihan harus berani memilih jalan hidup sebagai petani, tidak hanya itu petani jg harus memiliki keberanian memegang teguh integritas; (2) petani harus bangga pada profesinya, karena menjadi petani adalah tugas mulia, sebagaimana Bung Karno memberikan penjabaran akronim dari PETANI yaitu Penyangga Tatanan Negara Indonesia; (3) langkah ketiga petani lulusan Sekolah Tani harus menjadi petani yang sukses dunia dan akhirat.